IFA Berlin 2014, KompasKlass

Tanggal 1-9 September kemarin gue dapet kesempatan pergi mewakili KompasKlass, sebuah segmen ciamik di harian KompasKlass Jum’at. Kali ini untuk meliput event IFA Berlin 2014. Yap di Berlin. “Ngapain sih lo Ndir di Berlin?”. Jawabannya ada di Kompas Klass Jumat 3 Oktober 2014. Kali pertama gue nulis di media koran, selain TTS. Nah di bawah ini artikelnya. Bahasa sudah disunting oleh editor tentunya.


 

KompasKlass #ekshibisi

IFA Berlin 2014, Tempat Bersejarah bagi Teknologi Masa Mendatang

Berlin bisa dibilang tidak memiliki sejarah yang indah. Beberapa kecamuk pada masa silam seperti perang dunia kedua membuatnya masuk golongan kota yang muda dalam perkembangan. Namun, Berlin berhasil bangun dari masa gelap dan banyak belajar dari sejarah. Kini, di tengah uniformitas arsitektur yang cenderung bergaris keras, kota ini menjadi salah satu tempat penting “masa depan” terjadi.

Adalah Internationale Funk Ausstellung (IFA) Berlin yang membuat kota ini pantas mendapat predikat tersebut. Dimulai pada 1924, awalnya IFA menjadi sarana ekshibisi perkembangan teknologi radio. Banyak penemuan teknologi yang diperkenalkan di IFA seperti radio, audio tape recorder, magnetophon, televisi berwarna, serta compact audio cassette.

The future is now, the future is here

Pada usia 90 tahun, kini IFA Berlin berkembang menjadi tempat masa depan dimulai, the future is now, the future is here. IFA menjadi salah satu pameran consumer electronics dan home appliances terbesar di dunia. Tahun ini, IFA Berlin kembali diadakan 5 hingga 10 September 2014 di Messegelande, Messedamm, Berlin, Jerman. Dengan luas tempat lebih dari 145 ribu meter persegi dan dihuni lebih dari 1.500 ekshibitor, pengunjung dipastikan akan “tenggelam” dalam dunia teknologi.

Berlin CityCube

CityCube

Satu hal yang baru di IFA Berlin tahun ini adalah bangunan modern empat lantai berbentuk kubus yang dinamakan CityCube. Uniknya, di lantai 2 dan 3 sama sekali tidak menggunakan pilar sehingga menciptakan sebuah ruang yang sangat besar dan lapang. Sementara itu, ruangan besar di lantai dasar dijadikan tempat untuk international keynotes yang antara lain menghadirkan Presiden dan CEO dari Samsung Electronics BK Yoon.

bk yoon

Yoon yang menjadi keynote pembuka IFA Berlin 2014 secara garis besar memaparkan tentang rumah masa depan, yang tentunya siap atau tidak siap akan segera terjadi. Masa depan tidak hanya dilengkapi consumers electronic dan home appliances yang canggih, tetapi juga saling terkoneksi untuk mengoptimalkan kehidupan manusia. Apa yang dipresentasikan Samsung pada pembukaan IFA 2014 bisa ditarik menjadi tema besar dari IFA 2014.

Selain digunakan untuk menggelar international keynotes, CityCube menjadi lembaran baru untuk IFA Berlin karena untuk pertama kalinya IFA+ summit diadakan. Sesuai dengan tagline-nya, “Next level of thinking”, ahli internasional dan inovator berbagi ilmu dalam seminar yang mengangkat topik tentang masa depan dari gaya hidup dan interconnectedness para konsumen.

Enam aspek penting menjadi pembahasan di IFA+ summit tahun ini antara lain mobility, design, home, big data, entertainment, dan health. Tidak kalah pentingnya, TED, sebuah platform presentasi ide kreatif yang sedang marak dibicarakan satu dekade terakhir ini ikut digelar di CityCube. TEDxBERLIN pun ikut ambil bagian dalam agenda IFA Berlin 2014, yang semakin mengekalkan IFA Berlin bukanlah pameran biasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *