Aku Pendidik

“Semua orang itu secara langsung atau tidak langsung adalah pendidik” begitu kurang lebih kata Najeela Shihab. Seseorang yang sungguh sangat aktif di dunia pendidikan Indonesia.

Banyak benarnya. Di luar pengalaman gue mengajar sebagai dosen kontrakan di First Media Design School (bukan First Media yg tv itu ya). Gue sempet ngajar desain selama 1 tahun di sana, 4 mata kuliah. One of the best years. Sekarang udah gak ada kampusnya.

Banyak benarnya, bahwa memang yang namanya mengajar dan mendidik itu tidak selalu ada kelas, buku absen dan papan tulis. Apalagi sekarang medium untuk berkomunikasi sudah semakin banyak. Dari buku, radio, Twitter, blog, sampai dengan YouTube. Media sesimpel Meme di Twitter dan Facebook, apabila digunakan dengan cermat, bisa menjadi format mengajar yang asik, memberikan contoh yang baik. Misalnya iklan layanan masyarakat yang bersifat lucu-lucuan.

Dua “iklan layanan masyarakat” di atas gue buat waktu lagi rajin-rajinnya sepedaan. Pesannya ringan, tapi “ada benarnya”.

Benar adanya, apabila kita menghargai pengetahuan dan passion kita, dan kita berbagi, makan secara tidak langsung kita sudah bisa dianggap pengajar. Hal sesimpel apa yang dilakukan temen-temen beauty blogger dan travel blogger seperti Muhammad Arif Rahman alias @arievrahman (di blognya arievrahman) adalah bentuk media pembelajaran juga.

YouTube lebih dari TV?

Sudah lupa dengan format Televisi Pendidikan Indonesia? Kalo inget, kamu  d sudah cukup berumur. Format yang jauh lebih segar adalah video via YouTube. Semakin mudah membuat konten, apabila digunakan dengan benar untuk menyampaikan sesuatu yg berguna apalagi positif, maka YouTube sudah menjadi media pendidikan yang sungguh seru dan efektif. Gue tau ini karena gue sendiri belajar banyak hal dari sana; belajar bikin video, menjahit, matematika (karena harus belajar bagaimana mengajar anak lebih seru), dan masih banyak lainnya.

Dan setelah dilihat-lihat, tidak sedikit konten di channel gue, yang sarat akan informasi dan “how to” Yang ternyata berguna buat orang lain (menyimpulkan dari comment yang di dapat).

Intinya adalah, alangkah baik kalo kita bisa berbagi pengetahuan kita. Dan kita juga akan belajar banyak dari proses tersebut. Pilih ilmu yang mau dibagi, pilih cara komunikasi yang seru, cari media yang paling cocok.

Dengan mengajar, kita juga belajar

Bikin video tutorial di YouTube, kultwit di Twitter (diawali dengan Bismillah), memberikan informasi via radio atau podcast, berbagi cerita pengalaman lewat blog, banyak banget caranya untuk ikut serta dalam dunia Pendidikan. Coba awali dengan datang ke Pekan Pendidikan di Kalijodo.

Selamat Hari Pendidikan, Indonesia. Sekalian ijinkan gue memperkenalkan “Ulah si Rubah” seekor Rubah yang sok tau tapi kadang ada benarnya. Like, Comment and Subscribe. Share ke temen2nya. Kritik dan saran juga diterima dengan baik.

#AkuPendidik #PestaPendidikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *